HOME........ PROFILE........CONTACT

search

Thursday 21 May 2015

PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN HIJAU

Proses Fotosintesis DAN Reaksi Pada Tumbuhan HIJAU
 

Fotosintesis dalam bahasa Yunani, berarti foto (cahaya) dan synthesis (penggabungan). diartikan sebagai penggabungan proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan berwarna hijau yang melibatkan cahaya matahari di dalamnya dengan beberapa enzim. Proses fotosintesis ada dibagian daun tepatnya di stomata atau mulut daun, Proses fotosintesis ini terdiri atas dua rangkaian reaksi yakni reaksi terang membutuhkan cahaya dan reaksi gelap membutuhkan karbondioksida serta air, zat hijau daun / klorofil ada di dalam bagian organel bernama kloroplast, berguna untuk menyerap cahaya matahari yang digunakan untuk pembakaran molekul karbondioksida dan air, dan menggabungkan enzim yang menghasilkan gula dan oksigen, Pada bagian daun tumbuhan, terdapat dua lapisan sel yang dinamai denegan mesofil yang terdapat sekitar setengah juta kloroplast tersebar di tiap millimeter persegi. Cahaya matahari akan melewati lapisan epidermis yang tanpa warna ini dan melaju menuju mesofil, disini kegiatan fotosintesis berlangsung. Fotosintesis dilakukan oleh tumbuh-tumbuhan hijau yang bersifat autotrof yakni bisa menyusun makanannya sendiri  untuk menghasilkan energi sebagai nutrisi yang digunakan dalam berbagai aktifitas. Organisme yang melakukan proses fotosintesis dikenal dengan nama fototrof.

persamaan reaksi dalam proses fotosintesis sebagai berikut:


6H2O + 6CO2 + cahaya C6H12O6 (glukosa) + 6O2


Dalam proses fosintesis, reaksi terang merupakan proses yang menghasilkan ATP dan NADPH2. rekasi ini memerlukan molekul air. Pada proses reaksi terang, pigmen klorofil yang berperan sebagai antenna menangkap foton dari cahaya matahari yang diserap melalui molekul klorofil dan kemudian dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Cahaya matahari mulai mengionisasi molekul klorofil dan kemudian terjadi pelepasan electron. 

pada reaksi gelap proses dimana ATP dan NADPH yang dihasilkan dalam proses sebelumnya akan menghasilkan sejumlah proses reaksi biokimia, dan terjadi siklus calvin dimana karbondioksida diikat dengan tujuan membentuk ribose dan akan menjadi glukosa, proses ini tanpa membutuhkan cahaya matahari.
proses fotosintesis pada tumbuhan bisa berlangsung jika unsur-unsur pendukungnya terpenuhi seperti: carbondioksida, kadar air, cahaya, suhu, jumlah fotosintet atau hasil fotosintesis dan tahap pertumbuhan tanaman itu sendiri.

No comments:

Post a Comment